Menkes Budi Gunadi Jelaskan 3 Penyebab Nakes Batal Dapat Vaksin COVID-19 di Vaksinasi Tahap Awal
Penyuntikan vaksin COVID-19 kepada nakes (sumber: jatengprov.go.id)

Bagikan:

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkap sebagian tenaga kesehatan (nakes) batal mendapat suntik vaksin COVID-19. Jumlah nakes yang batal mendapat suntikan di vaksinasi tahap awal cukup banyak karena mencapai ratusan ribu.

Ada beberapa alasan mengapa pembatalan tersebut terjadi. Menkes Budi menjelaskan, 100 ribu nakes memiliki ciri ciri orang yang pernah menjadi penyintas COVID-19.

"Sebanyak 100 ribu tenaga kesehatan itu kita bisa tunda penyuntikannya karena kekebalannya masih ada," ujar Menkes dalam konferensi pers virtual, Minggu, 7 Februari.

Penundaan Pemberian Vaksin COVID-19 pada Nakes

Selain masih memiliki kekebalan, ada pula yang disebabkan karena memiliki tekanan darah tinggi. Hal itu diketahui setelah nakes menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum diputuskan untuk mendapat suntik vaksin Sinovac.

"Yang juga kita amati, ternyata banyak rakyat kita yang darah tinggi juga, sehingga tidak bisa diberikan suntikan vaksinasi pada saat itu," kata Menkes Budi.

Selain itu ada juga sekitar 11.600 tenaga kesehatan yang belum menerima vaksinasi sampai sekarang karena masuk dalam kelompok usia lansia atau di atas 60 tahun.

Sebelumnya, izin kedaruratan atau emergency use authorization pada vaksin Sinovac yang terbit pada 11 Januari lalu ditujukan kepada kelompok usia di atas 18 sampai 59 tahun.

"Mereka belum bisa disuntik karena memang emergency use authorisation BPOM yang pertama kali, range usianya antara 18 sampai 59 tahun," kata Budi.

Sebagai informasi, pemerintah menargetkan 1,5 juta tenaga kesehatan menerima vaksin COVID-19 tahap pertama. Pemberian vaksin dilakukan dua kali dosis penyuntikan dalam selang waktu 14 hari.

BACA JUGA:


Sampai saat ini, tenaga kesehatan yang telah divaksin baru sebanyak 900 ribu. Pemerintah masih memiliki waktu sampai akhir bulan Februari untuk menuntaskan vaksinasi terhadap tenaga medis.

Selain informasi terkait suntik vaksin COVID-19 pada nakes, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!