5 Makanan Khas Sulawesi Tenggara yang Harus Dicoba Pelancong
Parende, makanan khas Sulawesi Tenggara (Foto: gizi.unida.gontor.ac.id)

Bagikan:

Sulawesi Tenggara tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, namun juga kekayaan kulinernya. Ada banyak makanan khas Sulawesi Tenggara (Sultra) yang wajib dicoba saat Anda melakukan perjalanan wisata ke Sultra.

Makanan Khas Sulawesi Tenggara

Kuliner Sultra selalui kaya dengan rempah dan aromanya menggugah selera. Lalu, apa saja makanan yang wajib dicoba saat wisata ke Sultra?

Sinonggi

Makanan legenda ini adalah hidangan khas suku Tolaki yang keberadaannya sudah sejak zaman dulu. Terbuat dari saripati sagu. Cara memasaknya adalah dengan merebus sagu sampai kenyal. Setelah itu makanan disajikan dengan lauk pauk dan sayuran.

Sate Gogos

Sate Gogos tak menggunakan daging sapi atau ayam, namun berasal dari olahan kerang yang ditusuk dengan belahan bambu, lalu dibakar di atas bara arang. Sate ini tak disajikan dengan bumbu kacang, namun menggunakan bumbu rempah.

Kasoami

Makanan kasoami jadi salah satu sajian yang wajib dicoba. Makanan ini berbahan dasar ubi yang direbus lalu disajikan dengan menu lain. Kasoami bisa disajikan dengan sayur, aneka ragam olahan ikan, dan lain sebagainya.

Karasi

Makanan ini rasanya manis karena terbuat dari bahan dasar jagung muda. Saat diolah, jagung dicampur dengan gula merah cair atau yang dikenal dengan sebutan gola bone lonsa. Namun ada pula yang diolah dengan campuran gula pasir dan campuran tepung beras.

Parende Kakap Merah

Bagi pecinta seafood, cobalah parende kakap merah khas Sulawesi Tenggara. Makanan ini memiliki kuah pedas dan asam dengan kakap merah yang segar hasil tangkapan nelayan. Anda pasti ketagihan saat mencicipnya.

Selain informasi terkait makanan khas Sulawesi Tenggara, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.id.