Bisa Dijelajahi dengan Travel dan Bus, 5 Destinasi Wisata di Jawa Ini Wajib Dikunjungi
Wisata di Jawa (Foto: Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Apa yang ada di pikiran Anda saat mendengar kata liburan? Pastinya yang terbayang adalah kesenangan saat mengunjungi berbagai destinasi wisata menarik. Baik wisata alam maupun wisata hiburan lainnya.

Tidak perlu jauh-jauh, jika Anda tinggal di pulau Jawa, banyak sekali destinasi wisata menarik yang dapat Anda kunjungi dengan menggunakan travel ataupun bus. Anda dapat cek harga tiket bus dan travel di Traveloka untuk akomodasi perjalanan Anda.

Umumnya, tempat wisata di pulau Jawa mudah dikunjungi dengan menggunakan moda transportasi apapun, termasuk bus dan travel. Selain itu sinyal seluler di pulau Jawa jauh lebih baik daripada pulau lainnya. Sehingga Anda dapat mengabadikannya, lalu di-update ke media sosial saat itu juga.

Jika berencana berwisata di pulau Jawa, jangan lewatkan lima destinasi wisata menarik yang dapat dijelajahi dengan menggunakan travel atau bus berikut ini!

1. Gunung Bromo

Salah satu destinasi wisata di pulau Jawa yang sudah diakui keindahannya di dunia dan menjadi salah satu wisata alam pegunungan yang paling banyak dikunjungi adalah Gunung Bromo. Gunung ini terletak di Provinsi Jawa Timur. Salah satu daya tarik gunung ini adalah keindahan matahari terbit di ufuk timur, yang terlihat melalui puncak gunung Bromo.

Bahkan, pengunjung rela berdesak-desakan menuju puncak melawan udara dingin untuk melihat momen ini. Jika Anda ingin pergi ke Gunung Bromo dengan menggunakan bus, dapat menggunakan Damri dengan rute Stasiun Malang–Tosari–Wonokitri (Gunung Bromo).

2. Candi Prambanan

Salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia adalah Candi Prambanan. Candi Roro Jonggrang ini dibangun pada abad ke-9 Masehi oleh Raja Wangsa Sanjaya. Candi Prambanan memiliki lokasi yang mudah dijangkau oleh kendaraan.

Bahkan kendaraan dapat masuk ke area parkir sebelum pukul 17.15. Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi adalah pagi hari, saat udara masih segar. Untuk Anda backpacker sejati, bisa menggunakan trans Jogja untuk menjangkau lokasi candi.

Tidak hanya pemandangan alam dan arsitektur bangunan tradisional bernuansa Hindu. Candi Prambanan juga terkenal dengan cerita yang melegenda dari Roro Jonggrang. Alkisah, dahulu Roro Jonggrang adalah putri yang cantik jelita. Bahkan, kecantikannya mampu memikat Bandung Bondowoso. Sang putri pun memberikan syarat yang cukup sulit, sebagai bentuk penolakan halus.

Ia menyuruh Bandung Bondowoso untuk membangun 1000 candi hanya dalam satu malam. Karena kecurangan yang dilakukan sang putri, dengan menyuruh para pelayannya membuat ayam berkokok pertanda pagi hari telah tiba, akhirnya Bandung Bondowoso marah. Lalu menjadikan candi ke-seribunya adalah Roro Jonggrang.

3. Desa Sawarna

Salah satu Destinasi wisata terkenal di Jawa Barat ini, sudah dikenal mulai tahun 90-an, saat wisatawan asing mengarungi lautan demi mencari ombak yang sempurna untuk berselancar. Lalu tibalah di Pelabuhan Ratu sampai ke Selatan. Mulai sejak itu, tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Terutama para peselancar.

Desa Sawarna terletak di Kampung Cikoneng Banten, yang dipisahkan oleh sungai dan jembatan gantung. Salah satu destinasi incaran di tempat ini adalah Pantai Pasir Putih. Jaraknya Pun cukup dekat dari kampung Cikoneng, hanya 2 km. Keunikan pasir putih yang halus disertai ombak laut selatan yang ganas menjadi pemandangan indah yang memanjakan mata, siapapun yang melihatnya.

Dahulu sebelum terkenal, akses untuk mencapai desa ini sangat sulit. Karena jalanan masih berbatu dan dekat dengan jurang. Namun kini, desa Sawarna lebih mudah dikunjungi dengan menggunakan moda transportasi apapun. Tanpa terkecuali bus dan travel.

4. Kawah Ijen

Sebuah gunung Berapi di kawasan Jawa Timur, tepatnya di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, terdapat destinasi wisata alam yang menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa. Gunung Ijen, memiliki kawah asam dengan api berwarna biru yang membuat siapapun takjub melihatnya.

5. Tangkuban Perahu

Tidak hanya terkenal karena legenda Sangkuriang, Tangkuban Perahu juga memiliki pesona alam yang indah dan unik. Gunung Tangkuban Perahu memiliki bentuk memanjang dan mirip seperti sebuah perahu yang terbalik.Gunung Tangkuban Parahu juga memiliki pesona lain, karena terdapat 9 kawah dengan nama Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman dan Pangguyangan Badak.

Namun karena gas beracun yang berada di kawah, tidak semuanya bisa didatangi, kecuali Donas. Gunung Tangkuban perahu dapat dijangkau dengan mudah menggunakan bus ataupun travel.

Bagaimana tertarik pergi ke 5 wisata ini dengan menggunakan bis ataupun travel? Sedikit tips, bagi Anda yang memilih pergi ke tempat wisata area pegunungan. Pastikan fisik Anda kuat dan membawa pakaian tebal serta sarung tangan. Karena udara disana sangat dingin. Jangan sampai Anda sakit, akibat cuaca dingin tersebut.