Perkebunan Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia, Inilah Daftar Perusahaannya
Ilustrasi perkebunan kelapa sawit (Foto dari Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Indonesia menjadi negara penghasil sawit terbesar di dunia. Komoditi sawit. Kelapa sawit menjadi komoditas andalan Indonesia dalam ekonomi devisa negara. Berdasarkan hasil audit, tercatat lahan perkebunan kelapa sawit di Indonesia seluas 16,8 juta ha. 

Manakah perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia? Ada sejumlah perusahaan kelapa sawit yang memiliki lahan perkebunan sangat luas. Perkebunan tersebut tersebar di berbagai daerah, mulai dari Sumatera, Kalimantan, Papua. Perusahaan-perusahaan tersebut memiliki aset dan pendapatan yang besar dari hasil ekspor kelapa sawit.

Perusahaan Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia

Lahan kelapa sawit terluas di Indonesia berada di Pulau Sumatera, khususnya di Provinsi Riau. Di posisi kedua adalah Pulau Kalimantan. Perkebunan-perkebunan sawit tersebut adalah milik perusahaan yang sudah berstatus terbuka sehingga sahamnya bisa diperjualbelikan. 

Berikut 5 perusahaan sawit terbesar di Indonesia:

Sumber Daya dan Teknologi PT Sinar Mas Agro

PT Sinar Mas Agro Resources and Technology (SMART) menjadi perusahaan yang memiliki perkebunan sawit terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja pada tahun 1962. Eka Tjipta merupakan orang terkaya nomor 3 di tanah air. 

PT SMART memiliki perkebunan sawit seluas 138.000 hektare, berdasarkan laporan data tahun 2019. Lahan kelapa sawitnya tersebar di berbagai daerah sebanyak 47 perkebunan. Perusahaan ini mencatat penjualan yang fantastis mencapai Rp36,19 triliun dengan laba bersih senilai Rp899 miliar. Perusahaan ini juga memiliki fasilitas fasilitas pengolahan dengan kapasitas 4,4 juta ton. 

PT Astro Agro Lestari TBK

Urutan kedua perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia adalah milik PT Astro Agro Lestari Tbk. Sebelum memproduksi kelapa sawit, awalnya perusahaan ini memulai usaha di Industri bisnis singkong dan karet.

Perusahaan mulai beralih ke bisnis kelapa sawit pada tahun 1984, dengan membuka lahan di Riau. PT Agro Astra Lestari merupakan anak perusahaan dari hasil merger beberapa perusahaan perkebunan dengan total lahan seluas 286.877 hektare. Selain di Riau, perusahaan perkebunan sawit ini juga tersebar di Kalimantan dan Sumatera.

Dari luas lahan perkebunan 286.877 hektar, 217.428 hektare adalah kebun inti. Sementara lahan seluas 69.549 adalah kebun plasma. 

Salim Ivomas Pratama Tbk

Perusahaan pemilik perkebunan sawit terbesar nomor 3 adalah PT Salim Ivomas Pratama Tbk. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1992 dan menjadi pemain besar dalam industri kelapa sawit. Perusahaan ini memiliki 28 pabrik di Sumatera dan Kalimantan. Produk minyak sawit yang diproduksi adalah merek Bimoli dan Palmia. 

Perusahaan ini tercatat memiliki lahan sawit seluas 251.112 hektare. Perusahaan ini mampu memperoleh pendapatan sebanyak Rp14,4 triliun dengan laba bersih mencapai Rp340 miliar. 

Darma Satya Nusantara Tbk

Urutan selanjutnya sebagai perusahaan kelapa sawit terbesar ditempati oleh Darma Satya Nusantara Tbk. Perusahaan ini bergerak di bawah naungan Triputra Group. Perusahaan ini menjadi salah satu pemain penting dalam industri sawit di Indonesia.

Perusahaan ini berdiri pada tahun 1980. Awalnya perusahaan bergerak di industri bisnis perkayuan sampai tahun 1966. Namun kemudian perusahaan ini mulai beralih ke bisnis kelapa sawit. 

Luas lahan perkebunan perusahaan sawit ini mencapai 112.450 hektare. Dari luas tersebut, 84.556 lahan adalah lahan inti. Sementara luas lahan sisanya adalah lahan plasma yang juga digunakan oleh petani setempat. Perusahaan ini mampu meraup pendapatan yang cukup besar mencapai Rp5.736 miliar dengan laba bersih sebesar Rp166 miliar rupiah.

PT London Sumatera Indonesia Tbk

PT London Sumatera Indonesia Tbk merupakan perusahaan asal Inggris. Perusahaan ini telah menjadi pemain besar dalam industri sawit. Perusahaan ini memiliki lahan seluas 115.665. Dari luas tersebut, lahan sawitnya seluas 85.637. Sementara seluas 15.945 lahan adalah perkebunan karet dan seluas 15.945 adalah perkebunan kakau. 

Semua perkebunan milik perusahaan ini tersebar luas di Pulau Sumatera. Perusahaan ini mampu meraih penghasilan mencapai Rp3,69 triliun dengan laba bersih sebesar Rp252 miliar. 

Demikian informasi mengenai perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia. Sampai saat ini, perusahaan yang memiliki lahan sawit terluas adalah PT SMART. Semetara perkebunan sawit terbanyak berada di Pulau Sumatera. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.