15 Manfaat Air Putih yang Harus Diketahui, Salah Satunya Manjur untuk Alkoholik
Ilustrasi air putih (Foto: kalsel.bnn.go.id)

Bagikan:

Sampai saat ini manfaat air putih masih tak banyak diketahui oleh masyarakat luas. Padahal manfaat kesehatannya cukup berperan besar untuk kondisi tubuh. Air putih mampu mendatangkan beragam manfaat asal dikonsimsi dengan benar.

Padahal, air putih sangat mudah didapat. Meski begitu masyarakat kerap abai mengonsumsinya. Lalu, apa saja manfaatnya bagi tubuh?

15 Manfaat air putih untuk manusia

Air putih memiliki beragam manfaat yang bisa didapat dengan mudah. Tidak hanya untuk anak-anak, air putih aman untuk orang tua bahkan lansia. Berikut manfaat air putih untuk tubuh.

Mengoptimalkan performa fisik

Air putih menjaga tubuh agar tak dehidrasi, terlebih untuk para olahragawan. Saat tubuh kekurangan cairan, air putih dapat menjadi jalan keluar bagi masalah tersebut dan memaksimalkan performa fisik setelah dehidrasi.

Mencegah sekaligus mengatasi sakit kepala

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal Headache tahun 2004 mengungkap fakta bahwa air putih mampu mengurangi sakit kepala tegang pada orang-orang dehidrasi. Hal serupa juga diungkap oleh penelitian yang terbit di European Journal of Neurology tahun 2005 yang mengatakan bahwa air putih mampu mengurangi intensitas dan durasi sakit kepala.

Meringankan sembelit

Air putih bisa mengatasi sembelit karena tinja yang keras dan kering. Caranya adalah dengan mengonsumsi air putih cukup dalam sehari.

Mencegah batu ginjal

Batu ginjal diakibatkan karena tingginya konsentrasi zat yang tingkat kelarutannya rendah, seperti kalsium dan oksalat. Namun hal itu bisa dikurangi dengan mengonsumsi air putih.

Mencegah hangover

Tahukah Anda bahwa Alkohol bersifat diuretik dan mampu menghilangkan cairan dalam tubuh. Untuk mengatasinya, minum banyak air putih setelah Anda mengonsumsi alkohol berlebih.

Membatu turunkan berat badan

Air putih bisa membantu pencernaan untuk buang limbah dalam tubuh. Hal itu membuat air putih mampu menurunkan berat badan.

Menunjang kesehatan kulit

Saat Anda kurang minum air putih, kulit Anda akan kering karena cairan dalam tubuh berkurang. Usahakan teratur minum air putih agar kulit lebih sehat.

Menjaga suhu tubuh

Air putih membantu menjaga suhu tubuh tetap stabil saat Anda demam dan menggigil karena membantu mengisi cairan dalam tubuh.

Mempercepat penyerapan nutrisi

Dalam proses mengurai makanan, air bisa membantu mempercepat pemisahan vitamin, mineral, dan nutrisi lain dari makan. Zat berguna itu kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh.

Bantu menyehatkan sendi

Sebagian besar tulang rawan dalam tubuh ternyata terbuat dari air. Tulang ini berfungsi untuk jadi bantalan sendir. Jika asupan air kurang, maka sendi akan sakit.

Menyehatkan rongga mulut

Air putih membantu kelembaban rongga mulut dan menyehatkannya. Air mampu menjaga produksi air liur tetap stabil dan mencegah gigi berlubang.

Menyehatkan darah

Air membantu darah tetap mengalir lancar dan mencegah darah mengental. Hal ini yang tak banyak disadari banyak orang.

Baik untuk pernapasan

Saat tubuh kekurangan cairan, tubuh akan membatasi napas demi mencegah cairan makin hilang. Untuk itu air putih dapat mencegah hal tersebut.

Membantu regenerasi sel

Air putih dapat membantu darah mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan begitu regenrasi sel dapat dicapai dengan cepat.

Membantu membersihkan racun

Air putih dapat membantu tubuh membuang racun lewat air seni dan keringat. Saat kekurangan air, racun akan sulit keluar dari tubuh.

Selain informasi terkait manfaat air putih, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.id.