Minuman Khas Sulawesi yang Bisa Jadi Oleh-oleh Wisatawan
Rumah khas Sulawesi Selatan (Foto: sulselprov.go.id)

Bagikan:

Saat berkunjung ke Sulawesi, Anda harus menyempatkan diri menikmati berbagai kuliner yang lezat. Ada banyak sajian kuliner yang bisa dinikmati, salah satu bentuknya berupa minuman khas Sulawesi.

Mencicipi minuman khas Sulawesi

Sebenarnya ada banyak minuman yang khas dari Sultra. Minuman tersebut bisa jadi alternatif bagi wisatawan untuk mendapatkan sesuatu yang beda saat berlibur ke provinsi tersebut. Lalu, apa saja rekomendasi minuman yang bisa dicoba?

Jus Patikala

Minuman ini dibuat dari buah khas masyarakat Kolaka, yang memiliki rasa asam dan segar sehingga cocok dikonsumsi saat siang dan dalam kondisi dingin. Tak hanya lezat, minuman ini punya banyak manfaat, salah satunya menurutnkan berat badan.

Pallu Buttung

Sajian kuliner ini berasal dari provinsi Sulawesi Selatan, dibuat dari campuran bubur tepung beras, pisang raja, dan sirup. Minuman ini cocok dimakan saat sore dan bisa dinikmati secara hangat atau ditambah es batu.

Sarabba

Minuman khas Sulawesi Sarabba (Foto resepcaramasak.org)
Minuman khas Sulawesi Sarabba (Foto resepcaramasak.org)

Banyak yang bilang minuman ini mirip wedang ronde dari Jawa, hanya saja campuran rempahnya lebih banyak dan lebih manis. Sarabba juga mengandung santan dan kuning telur mentah. Minuman ini cocok untuk menghangatkan badan dan memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Saguer

Minuman ini adalah salah satu tuak yang berasal dari Sulawesi dan memiliki kadungan alkohol tinggi, mencapai 70 persen. Minuman ini terbuat dari campuran air nira yang difermentasi dan ditambah dengan bumbu. Rasanya unik karena asam dan manis berpadu jadi satu.

Es Pisang Ijo

Minuman khas Sulawesi ini sangat populer bahkan di Jawa. Minuman ini disajikan dengan es serut, sirup, dan santan secukupnya. Dinamakan dengan Pisang Ijo karena pisang pada minuman dibaluri dengan tepung ketan warna hijau.

Selain informasi terkait minuman khas Sulawesi, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.id.